KORUPSI MENURUT AL- QURAN DAN HADITS

Minggu, 07 Desember 20140 komentar




Dari zaman dahulu hingga sampai zaman sekarang korupsi masih hampir terjadi disetiap aspek- aspek kehidupan bermasyarakat dan bernegara. Tidak ada leteratur yang tepat dalam mendefinisikan korupsi menurut Al- Quran dan Hadist.  Akan tetapi ada beberapa istilah yang hampir sama dengan pengertian korupsi didalam Al- Quran dan Hadits yaitu sebagai berikut:
A.Ghulul
Secara termonologis, kata Ghalul berarti menggelapkan. Sedangkan secara etimologis, kata Ghalul berarti mengambil sesuatu dari orang lain dan kemudian menyembunyikan sebagai harta pribadi. Istilah Ghulul ini telah banyak digunakan oleh Nabi Muhammad SAW dalam hadits beliau mengenai tindakan korupsi. Ibnu Hajar Al-Asqalani mendefinisikan Qhulul sebagai sesuatu yang diambil dari barang rampasan perang secara sembunyi- sembunyi sebelum pembagian. Pada zaman dahulu, harta yang ditinggal pergi oleh musuh- musuh Islam pada saat perang boleh diambil. Akan tetapi harta tersebut haruslah dibagi terlebih dahulu sesama kaum muslimin. Hal ini berdasarkan pada Quran Surah Al- Imran ayat 161 yang berarti:
“Tidak mungkin seorang nabi berkhianat dalam urusan harta rampasan perang. Barangsiapa yang berkhianat dalam urusan rampasan perang itu, maka pada hari kiamat ia akan datang membawa apa yang dikhianatkannya itu, kemudian tiap-tiap diri akan diberi pembalasan tentang apa yang ia kerjakan dengan (pembalasan) setimpal, sedang mereka tidak dianiaya”.
Adapun contoh korupsi pada zaman Nabi Muhammad SAW yaitu ketika Ibnu Luthbiyah yang ditugaskan oleh Nabi Muhammad SAW untuk menghimpun zakat dari masyarakat. Pada saat menyerahkan hasil zakat kepada Nabi Muhammad, Ibnu Luthbiyah hanya menyerahkan sebagian dari hasil pengumpulan zakat tersebut dan sebagiannya Ibnu Luthbiyah simpan sebagai milik pribadinya. Nabi Muhammad pun bersabda:
Share this article :

Posting Komentar

STOP NARKOBA

STOP NARKOBA
 
Support : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. HUMAS POLSEK KASIHAN - All Rights Reserved
Operator Blog : Bripka Rista Faruliyantaka, Kasi Humas : Aiptu Sumarna
Proudly powered by Blogger