SOSIALISASI ARAH KIBLAT

Senin, 16 November 20150 komentar


Rabu, 11 November 2015 pukul 09.00 Wib bertempat di Restaurant Yanti Jalan bugisan Selatan Dusun Keloran Tirtonirmolo Kasihan Bantul telah disosialisasikan Arah kiblat Tahun 2015.

Acara diselenggarakan oleh penyelenggara Syariah Kemenag Bantul dengan ketua Arif Harjanto SH yang dihadiri oleh Drs KH Munthoha Arkanudin ( Kementrian Agama Prov DIY ), Drs H Imam Mawardi Msi ( Kepala KUA Kecamatan Kasihan ), Muspika Kasihan dan diikuti perwakilan takmir Masjid se Kecamatan Kasihan sekitar 50 Orang.

Kegiatan diawali dengan pembukaan dilanjutkan dengan sambutan serta pembukaan sekaligus pemberian materi oleh nara sumber.

Arif Harjanto, SH sekaligus membuka acara yang menyampaikan bahwa kegiatan ini untuk memantapkan Akidah Islamiyah dan menmba ilmu bersama sama untuk memantapkan ibadah selaku umat islam terutama tentang sholat yang pada saat ini banyak permasalahan dimasyarakat terutama tidak kesepamahaman arah kiblat. Dan hari ini mengerucutkan kesepahaman bahwa kiblat menghadap kearah Ka’bah bukan arah Barat. Kegiatan ini merupakan sebuah wadah dari Kemenag untuk mengetahui banyak hal yang ingin didapatkan dari masyarakat terkait isu yang ada di masyarakat dan permasalahan intern umat beragama sendiri.

Materi Sosialisasi arah kiblat oleh Drs KH Munthoha Arkanudin yang menyampaikan arah kiblat sangat penting karena merupakan rukun sholat dan merupakan salah satu ilmu dalam Islam yaitu Hisab dan rukyat juga meliputi ilmu Falak yaitu ilmu yang mempelajari tentang gerak matahari dan bulan.

Kiblat dari bahasa arab berarti arah yang ditunjuk umat Islam untuk melaksanakan sholat sedangkan arti arah yaitu jarak terpendek berupa garis lurus ke suatu tempat. Jadi arah kiblat artinya jarak ukur yang diambil dalam melaksanakan ibadah sholat dengan penjuru ke arah kiblat.

Kegiatan selesai pukul 12.10 Wib berjalan dengan aman dan lancar dengan pengamanan anggota Polsek Kasihan.
Share this article :

Posting Komentar

STOP NARKOBA

STOP NARKOBA
 
Support : Humas Polri | Humas Polda DIY | Humas Polres Bantul
Copyright © 2011. HUMAS POLSEK KASIHAN - All Rights Reserved
Operator Blog : Bripka Rista Faruliyantaka, Kasi Humas : Aiptu Sumarna
Proudly powered by Blogger